Tips Memilih Modem USB




Salah satu impact dari turunnya tarif internet, bertaburlah paket tarif internet operator yang dikemas dengan ekonomis dan memikat. Lain dari itu, untuk memperkuat penetrasi penggunaan internet, pihak operator dan vendor modem juga gencar menawarkan modem dari beragam tipe. Meski rata-rata smartphone kini punya kemampuan build in modem, tapi tetap pasar modem dedicated punya pasar tersendiri, terutama modem USB yang kini paling banyak ditawarkan.

Populernya modem USB tak lain karena lebih terpercaya untuk diandalkan sebagai sarana akses internet, terutama ke PC/laptop, dan tidak memerlukan baterai dalam penggunaannya, aktivasinya pun cukup plug and play. Ditbambah lagi modem USB punya desain yang mungil, sehingga ergonomis untuk dibawa-bawa.

Saat ini ibarat ‘susah-susah gampang’ untuk memilih jenis modem USB yang tepat. Dari segi desain antar merek memang mirip, spesifikasinya pun masing-masing tak jauh beda. Nah, berikut ini kami sajikan panduan untuk memilih modem USB secara tepat. (Haryo Adjie Nogo Seno)

1. Tentukan Operator yang Akan Digunakan
Inti dari pembelian modem adalah tersedianya akses internet yang baik. Maka untuk urusan modem, tahap pertama tentukan dulu operator mana yang akan Anda gunakan. Pastikan kualitas sinyal operator tersebut memang apik di lokasi Anda berdomisili.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan
Setelah menemukan operator yang ideal, maka silahkan mencari jenis modem USB yang ditawarkan. Ada baiknya, diawal Anda bisa mencari paket modem USB yang sudah di-bundling, dengan skema bundling setidaknya Anda akan dimudahkan dalam urusan setting dan pastinya ada bonus paket data yang siap dinikmati.

Sebaliknya bila Anda membeli modem USB non bundling, pastikan sebelum membeli untuk mengetahui spesifikasi modem USB yang dibeli, apakah telah cocok dengan jaringan operator yang ingin Anda gunakan, jangan sampai Anda ingin menggunakan paket internet CDMA, tapi yang Anda beli justru modem USB berbasis 3G/HSDPA.

3. Kemudahan Setting Modem
Bagi Anda yang sibuk dan menginginkan instalasi cepat, lebih tepat memilih modem bundling.

4. Jangan Terlalu Terpengaruh Obral Murah
Modem USB kini kerap digadang ke pasar dengan harga yang super murah. Tak ada salah nya membeli dengan harga murah, tapi coba sebelumnya perhatikan spesifikasi modem USB tersebut, termasuk kemampuan lain yang ditawarkan dan daya tahannya. Informasi ini bisa Anda peroleh dari diskusi ini forum-forum internet.

5. Perhatikan Merek Modem dan Layanan Purna Jual
Ada beragam pilihan merek modem USB, perhatikan merek modemya. Setidaknya merek-merek dari vendor global bisa menjadi jaminan awal, ini juga berlaku untuk modem yang di-bundling operator. Juga perhatikan ketersediaan jaringan purnal jual (service) yang tersedia. Jangan lupa untuk tanyakan mengenai garansinya, bila di-bundling oleh operator, tanyakan bagaimana mekanisme perbaikannya bila suatu saat rusak.

6. Pilih modem yang support terhadap semua OS
Jangan sampai membeli modem yang tidak suport dengan operating system komputer atau laptop Anda, minimal modem Anda suport terhadap OS yang umum digunakan seperti windows XP dan 7 serta linux atau bahkan Mac.

Sumber: selular.co.id

About safri4di

https://safri4di.wordpress.com

Posted on 14/04/2012, in Spesial, Tips & Trik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: