Optimalisasi Tenaga Baterai Pada Smartphone/Tablet



Dibalik sosoknya yang serba canggih, smartphone dan tablet dituding punya konsumsi energi yang besar. Tentu asumsi tersebut tidak keliru, kian beragam fitur yang berjalan di suatu gadget pastinya akan berpengaruh pada konsumsi energi pada baterai, apalagi bila yang dijalankan terkait dengan elemen multimedia dan internet. berikut Tips untuk mengoptimalisasi tenaga baterai yang dapat Anda lakukan pada smartphone/tablet.

1. Charging
Usahakan saat men-charge baterai benar-benar dalam kondisi low dan saat melakukuan charging usahakan sampai batrei benar-benar penuh baru di cabut. Ini adalah hal paling dasar dan berlaku pada semua jenis gadget. Ini mungkin sepele, tapi dapat memperpanjang usia baterai.

2. Toggle Switch
Walaupun aplikasi ini biasanya bawaan hape Android, namun terkadang ada yang tidak menyertakannya. Penting untuk mendownload apliksi ini unutk mengontrol (on/off) paket data, WiFi, GPS, Bluetooth, tathering dengan sangat mudah, karena aplikasi ini memiliki widget khusus yang dapat diletakan di desktop.

3. Brightness dan Contrast
Atur kecerahan layar anda seperlunya, jangan terlalu cerah selama anda masih dapat melihatnya, bakan disarankan serendah mungkin untuk daya tahan batrai jauh lebih lama.

4. Stabilitas Jaringan Operator
Bila dilingkungan Anda memang hanya ‘tersedia’ jaringan 2G, sebaiknya cukup setting ‘2G Networks Only’. Hal ini dikarenakan kualitas jaringan 3G di Indonesia masih belum stabil, sehingga perubahan otomatis antara 2G ke 3G maupun sebaliknya akan cukup meguras daya.

5. Uninstall
Hapus aplikasi-aplikasi yang tidak begitu penting dan sudah tidak digunakan. Umumnya pengguna kerap lupa membuang aplikasi yang sudah tak dipakai lagi, ini wajar saja karena ada ratusan ribu aplikasi gratisan yang mudah diunduh dengan mudah.

6. Screen timeout
Settinglah screen timeout agan secara normal. Jangan terlalu cepat atau pun terlalu lama. Normalnya adala sekitar 30 detik – 1 menit.

7. Wallpaper
Minimalisir penggunaan live wallpaper. Gunakan Standrar wallpaper berupa gambar, bahkan lebih baik menggunakan wallpaper berupa pattern dengan warna gelap ataupun keabu-abuan untuk mengurangi kinerja light pixels.

8. Matikan Animasi
Tampilan yang beranimasi (bergerak) memang terlihat indah, namun hal tersebut akan membuat CPU bekerja ekstra yang pada akhirnya membuat baterai menjadi boros.

sumber : selular.co.id

About safri4di

https://safri4di.wordpress.com

Posted on 09/05/2012, in Berita, Ponsel, Tablet, Tips & Trik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: