Hari Raya = THR = Gadget Baru



Sebentar  lagi lebaran segera tiba. Tentunya, kita sedang disibukkan dengan berbagai pengeluaran yang mungkin tidak kita lakukan pada hari biasa. Diantaranya adalah membeli baju baru, gadget baru, membuat kue dan memberikan oleh-oleh untuk kerabat dan orang tua disaat mudik.

Seperti kita tahu, Hari raya juga identik dengan THR. Biasanya, menjelang Lebaran pastinya para pegawai menunggu datangnya gaji ke-13 atau Tunjangan Hari Raya (THR). Namun satu pertanyaan klasik, apakah seseorang harus menghabiskan THR nya untuk merayakan lebaran, seperti membeli barang yang baru, khususnya gadget baru. ??? Saya pikir tidak. hehe

Semua orang harus benar-benar secara bijak menggunakan THR nya daripada terlanjur berfoya-foya dan membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan. Seperti yang safri4di kutip dari situs online surabayapost (kata-katanya kayak situs berita terkenal aja, hehe) ada 8 trik mengelola THR:

1.    SIMPAN DI BANK YANG TIDAK BER-ATM
THR biasanya diberikan oleh perusahaan jauh hari sebelum Idul Fitri. Agar THR tidak langsung dibelanjakan, pindahkan ke bank yang tidak ber-ATM. Hal ini perlu agar Anda tidak leluasa menarik uang dari mesin ATM setiap saat.

2.    DITABUNG SEBAGIAN
Sisihkan sekitar 10% untuk ditabung. Makin besar porsi yang disisihkan untuk ditabung, makin baik. Jika ingin membeli barang, cobalah memilih produk yang memiliki nilai investasi, misalnya emas. Gunakan kesempatan ini untuk menabung lebih banyak daripada biasanya.

3.    DAHULUKAN YANG PENTING
Susun daftar barang atau keperluan yang harus didahulukan. Sisihkan untuk membayar THR orang-orang yang bekerja di rumah Anda, seperti pembantu dan sopir. Alokasikan sebagian uang THR untuk membeli makanan dan kue. Sebaiknya jangan membeli pakaian terlalu banyak. Dengan sedikit mix and match, baju Lebaran lama bisa disulap menjadi baru. Dengan begitu, jatah dana untuk pakaian bisa dialokasikan ke tempat lain yang lebih penting.

4.    ATUR THR ANDA DAN SUAMI
Jika Anda dan suami sama-sama mendapat THR, alokasikan THR suami untuk membiayai berbagai kepentingan Lebaran. Sementara itu, Anda bisa memanfaatkan THR Anda untuk ditabung dan digunakan untuk belanja keperluan pribadi.

5.    SISIHKAN UNTUK ORANG LAIN
Hari raya selalu identik dengan keinginan berbagi dengan orang lain yang membutuhkan bantuan. Sisihkan sejumlah uang untuk membayar zakat dan sedekah.

6.    ANGGARAN MUDIK
Jika ingin mudik, sebaiknya Anda menyusun rencana jauh-jauh hari. Buatlah perkiraan kenaikan harga tiket yang biasanya melonjak. Kurangi belanja yang tidak perlu. Fokuskan pada biaya yang akan dikeluarkan untuk perjalanan mudik, selama di kampung, dan perjalanan pulang.

7.    LUNASI UTANG
Anda bisa memanfaatkan sebagian uang THR untuk melunasi utang. Mungkin, Anda akan merasa THR lenyap begitu saja tanpa Anda membeli apa pun. Tapi, setelah Idul Fitri usai, Anda akan bisa merasakan betapa ringannya hidup tanpa utang.

8.    INVESTASI
THR boleh saja digunakan untuk investasi. Jika ingin aman, sebaiknya berkonsultasilah dengan pakarnya. Salah satu investasi yang aman adalah menggunakan THR untuk membayar premi asuransi pendidikan anak-anak, kesehatan, atau jaminan hari tua.

Semoga bermanfaat…

About safri4di

https://safri4di.wordpress.com

Posted on 12/08/2012, in Spesial, Tips & Trik and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. terima kasih atas perkongsiannya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: