Ponsel-Ponsel Lokal Duplikat Galaxy Note


Apa kabar pengunjung setia Blog Safri4di. Semoga baik-baik saja. Meniru desain di Indonesia, bukan hal yang luar biasa. Banyak vendor mempraktekkannya. Santai saja, belum pernah ada kasus paten disidangkan di negeri yang indah ini (haha, puitis banget).

Vendor Ponsel Lokal memang sangat kreatif. Demi mendongkrak nilai jual, mereka membuat tiruan ponsel-ponsel brand terkenal, mulai tiruan Blackberry dengan Qwertynya, IPhone dengan tiruan icon dan desainnya, dan sekarang sedang marak-maraknya tiruan desain Galaxy Note, yang sebagian juga mengadopsi sistem robot hijau Android.

Desain Ponsel berlayar lebar, material yang dipakai serta fitur-fitur dari ponsel lokal tersebut hampir sama. Tentu saja dengan harga-harganya yang beda tipis. Karena ponsel lokal yang selalu diidentikkan sebagai ponsel atau smartphone ber-budget murah, maka jangan terkejut mendapatkannya dengan fitur-fitur minim yang sudah dipangkas. Tapi, di satu sisi, konsumen diberikan pilihan untuk mendapatkan hape idaman berharga nya walau cuman tiruan. Namun perlu diingat, sebagian ponsel lokal cukup bagus dan layak dipakai.

Berikut adalah Ponsel Lokal duplikat Galaxy Note:

1. Beyond B78

Tampilan disain smartphone ini mengadopsi konsep Samsung Galaxy Note, namun dengan bodi yang agak sedikit lebih tebal. Layar yang digunakan adalah capacitive touchscreen dengan ukuran 5.3 inci. Interface Beyond B78 ini menggunakan struktur Android, ya versinya sudah 4.0 Ice Cream Sandwich sama seperti Vandroid S5. Sayang, informasi yang didapat, tak dijelaskan jenis serta clockspeed prosesor yang digunakan ponsel ini.

Tapi menariknya, ponsel yang mendukung kemampuan Dual SIM Dual Standby (Dual On) ini didukung dengan fitur TV Analog. Fasilitas ini sama seperti yang dimiliki S Nexian Five A5000. Selain itu, ada juga dual kamera untuk kebutuhan merekam foto dan video. Sayang, untuk resolusinya tidak dijelaskan secara ditel. Apakah 5MP seperti S Nexian Five? 8MP seperti IMO Memo dan Vandroid S5 atau malah VGA seperti kebanyakan ponsel lokal entry level?

Untuk data, Beyond B78 telah mendukung network 3G dan menyediakan kanal WiFi 802.11 b/g yang juga mendukung WiFi Tethering. Fitur standar Android yang juga dijejalkan ke ponsel ini diantaranya Audio/video player, radio FM, G-sensor, GPS Navigation, Google Maps, Gmail, Google search, Facebook, Twitter, eBuddy dan Yahoo Messenger.

2. Advan Vandroid S5

Smartphone ini didukung layar 5.3 inci, dengan struktur disain mengadopsi konsep Samsung Galaxy S III. Tak seperti IMO W6800 maupun S Nexian Five yang masih menggunaka chipset MTK, Advan Vandroid S5 sudah menggunakan prosesor ARM Cortex A8 1GHz. Selain itu, sitem operasi yang digunakan pun sudah versi terbaru yakni Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich. Sebagai pendukung system dan prosesor, Vandroid S5 dibekali memori internal 512MB RAM plus NAND Flash 4GB yang dilengkapi pula dengan slot memori ekspansi microSD up to 32GB (SDHC).

Di sektor fitur, Advan Vandroid S5 ini mendukung kemampuan Dual SIM Dual Standby (Dual On), dengan salah satu slot SIM Card-nya support network WCDMA 900/2100 MHz. Dengan dukungan tersebut, Vandroid S5 mampu menyediakan akses data kecepatan tinggi lewat jalur HSDPA. Namun, untuk yang ingin lebih hemat, dapat memanfaatkan kanal network lain yaitu WiFi 802.11 b/g/n.

Untuk kebutuhan pengabadi gambar, Advan Vandroid S5 ini menyediakan dua buah kamera. Utamanya beresolusi 8 megapiksel plus LED flash, sama seperti IMO Memo W6800. Di sisi depan tersedia kamera VGA untuk kebutuhan Video Call atau Video Chat via aplikasi Skype atau Yahoo Messenger. Fasilitas lain yang juga dijejalkan diantaranya Audio/video player, radio FM, G-sensor, GPS Navigation, Google Maps, Google Search, Gmail, Google Talk, Google Play serta beragam aplikasi social networking dan chatting. Untuk harga, di pasaran Vandroid S5 ini dibanderol sekitar Rp 1,9 jutaan.

3. IMO MEMO W6800

IMO MEMO menanamkan layar Capacitive Touchscreen berukuran 5.0 inci, sama seperti Samsung Galaxy Note. Dengan ukuran layar sebesar ini, IMO MEMO lebih terlihat seperti sebuah komputer tablet. Namun, dengan dukungan fungsi call & SMS tentu saja termasuk dalam kategori ponsel.

Untuk sistem, IMO MEMO W6800 menggunakan Android 2.3 Gingerbread yang didukung chipset MTK 6573, dengan clock speed 650 MHz. Sementara itu, memori yang disediakan adalah 512MB RAM + 512MB ROM DDR2, plus slot microSD up to 32GB.

Dengan digunakannya chipset MTK, memungkinkan IMO MEMO mendukung kemampuan Dual SIM. Ya, smartphone ini menyediakan dua slot kartu SIM yang salah satu slot tersebut mendukung network 3G WCDMA 2100 MHz. Artinya, IMO MEMO didukung dengan kemampuan data generasi ketiga (3G) untuk keperluan internet. Baik untuk browsing, maupun untuk menikmati layanan jejaring sosial semisal Facebook, Twitter atau chatting. Selain menggunakan network operator, IMO MEMO juga bisa memanfaatkan jalur WiFi untuk keperluan browsing.

Di sektor multimedia, , IMO MEMO dibekali dua buah kamera yang kabarnya beresolusi 8 megapiksel. Jika info tersebut benar, IMO MEMO bisa dibilang sebagai smartphone merk lokal pertama yang didukung kamera 8 megapiksel. Di pasaran sendiri, untuk smartphone merk lokal yang didukung dua kamera, rata-rata resolusi yang ditawarkan masih sebatas 3.2 megapiksel (belakang) dan VGA (depan).

Selain kamera, IMO MEMO juga dilengkapi pemutar musik/video, radio FM, game dan fitur organizer. Sebagai ponsel berbasis Android, IMO MEMO W6800 juga dijejali fitur khas Android seperti Google Play (Android Market), Google Maps, Gmail, Google search serta fasilitas standar lainnya.  Di pasaran, IMO MEMO dibanderol sekitar Rp 1.999.000,-

4. S Nexian Five A500

Smartphone berdimensi 152x87x12.2mm dibekali layar sentuh kapasitif berukuran 5.0 inci, HVGA multi-touch. Sistem operasi yang digunakan S Nexian Five A5000 adalah Android 2.3 Gingerbread. Sedangkan chipset prosesornya memaikai jenis MTK dengan clock speed 650 MHz. Untuk memori bawaan, S Nexian didukung RAM (Mb) 4Gbit dan ROM (Mb) 4 Gbit plus slot microSD up to 32GB.

Untuk fitur, S Nexian Five A5000 didukung Dual SIM yang salah satu slot kartu SIM tersebut menyediakan jalur data HSDPA, sama seperti IMO MEMO. Ada juga Dual Camera, utamanya beresolusi 5.0 megapiksel dan tambahannya VGA. Poin plusnya, S Nexian Five A5000 juga didukug dengan fitur TV Analog. Selain itu, S Nexian juga secara resmi melakukan kerjasama dengan principal pembuat aplikasi Skype. Alhasil, dengan menggunakan pre-loaded/embedded aplikasi Skype ini, Dual Camera di S Nexian Five A5000 dapat dimanfaatkan untuk Video Call.

Selain fitur-fitur di atas, S Nexian Five A5000 juga masih dijejali beragam fasilitas tambahan seperti koneksi WiFi, Bluetooth, Audio/Video player, radio FM, S Apps Planet, Google Play (Android Market), GPS/A-GPS, Google Maps, News rss Aplication, Facebook, Twitter serta fasilitas standar Android 2.3 Gingerbread. Soal baterai, S Nexian Five A5000 menggunakan jenis lithium ion berkapasitas 1800 mAh.

Dalam paket penjualannya, S Nexian FIVE A5000 dibundling dengan kartu perdana dari Telkomsel yang memberikan gratis paket data sebesar 250MB (unlimited)/Bulan dan dapat dinikmati selama 12 bulan (syarat dan ketentuan berlaku), cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 1.799.000,- (harga promosi), harga resminya sekitar Rp 2.399.000,-.

5. Micxon SX5 Sashimi

Seperti para seniornya tersebut, Micxon SX5 Sashimi juga mengadopsi konsep disain Samsung Galaxy Note. Layar 5 inci-nya menggunakan jenis TFT Capacitive yang mendukung kemampuan Multi-points touch. Menariknya, bodi Micxon SX5 ini dibalut dengan material stainless, selain itu dimensinya pun tergolong tipis dengan ketebalan hanya 0,97 cm.

Untuk kinerja, smartphone ini didukung prosesor berkekuatan 1GHz plus sokongan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread. Sayang, tidak mendapatkan informasi ditel seputar kapasitas memori internal yang ditanamkan ke ponsel ini. Tapi yang pasti, Micxon SX5 ini didukung slot kartu memori microSD dengan kapasitas maksimal 32GB.

Di sisi fitur, Micxon SX5 Sashimi menyediakan kamera 5 megapiksel plus autofokus dan kemampuan merekam video HD. Performa kamera ponsel ini tak jauh beda dengan kamera milik S Nexian Five, Beyond B78 dan Maxtron MG555. Sebagai tambahan, Micxon Sashimi juga menyediakan kamera depan VGA untuk keperluan Video Call atau Video Chat via aplikasi Instant Messaging. Untuk hiburan lain, ada audio/video player, radio FM serta berbagai game yang dapat pula didownload dari Google Play Store.

Buat kebutuhan data, Micxon SX5 Sashimi sudah mendukung jalur 3G serta menyediakan alternatif WiFi jika berada di area hotspot. Sebagai tambahan, ponsel Android Dual SIM Dual Standby (Dual On) ini juga dilengkapi dengan Google Maps, Google Search, Gmail, Social networking Apps, Chatting Apps, GPS/AGPS, Compass, Light Sensor, Gravity Sensor serta Proximity Sensor.

6. Maxtron MG555

Produk terbaru keluaran PT Dwi Perkasa Utama sebagai pemegang merek Maxtron Mobilephone ini menggandeng Cherrybelle sebagai brand ambasaddornya. Maxtron MG555 menyuguhkan layar 5.2 inci, TFT Capacitive Touchscreen 16 juta warna, serta didukung sederet fitur terkini.

Tengok saja, ponsel pintar ini sudah didukung sistem operasi Android 2.3 Gingerbread, yang kemungkinan besar akan keluar versi Android 4.0 ICS-nya juga. Kamera yang ditanamkan ke Maxtron MG555 sudah berkekutan 5 megapiksel, dan yang cukup menarik adalah hadirnya fitur TV di ponsel ini, sama seperti S Nexian Five dan Beyond B78.

Selain menyediakan fasilitas khas Android, Maxtron MG555 juga bekerjasama dengan beberapa pengembang aplikasi lain seperti Tencent Mobile Global (APAC) selaku pemegang aplikasi chat Qute Messenger, serta Amazement inc pemilik portal Aqindo.com yang akan menyediakan content game berbasis Android. Tak kalah menariknya, ponsel yang telah didukung koneksi WiFi ini didukung fitur Push To Talk yang memungkinkan penggunanya ngobrol secara gratis.

Baca Juga:

About safri4di

https://safri4di.wordpress.com

Posted on 12/08/2012, in Ponsel, Spesial and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: