Enak kah atau susah kah di Sekolahmu? – SM3T Aceh 2012


Pakabar kawan-kawan? Semoga selalu sehat. Sudah kah baca cerita saya kemaren? Kalau belum, harus cepat-cepat dibaca, takut basi (memangnya makanan). Jangan merasa heran jika saya mencoba menggunakan akhiran kah, karena seminggu ini saya mulai terbiasa dengan akhiran ini. Sekedar informasi, orang ditempat saya diami beberapa hari ini sering menggunakan akhiran ini menurut pengamatan saya (kayak pengamat saja). Saya tidak tahu penyebabnya, mungkin cuman kebiasaan turun-temurun penduduk disana.

Ohya, karena satu dan lain hal, hampir seminggu kami masih berada di kota Sanggau, tepatnya di rumah kos kepunyaan ibunya Kepala Sekolah, didekat Mesjid Jamik Keraton Sultan Ayub di tepi Sungai Kapuas, di belakang Mess Pemda. Seharusnya kami sudah dikirim ke daerah pedalaman untuk penempatan tugas. Kepala Sekolah dan Keluarga sangat baik, beliau juga memimjamkan sepeda motor untuk kami selama beberapa hari di Kota Sanggau yang indah ini. Setiap pagi ibu selalu mengantarkan kopi atau teh buat kami. Semua kebaikan mereka tidak dapat kami balas.

Yang ditunggu-tunggu, akhirnya terjadi juga. Tadi pagi Kami pergi ke Sekolah penempatan, hanya untuk melihat lokasi sekolah. Perjalanan itupun di mulai. Jam 11 kami berangkat, dan butuh waktu hampir 2 jam untuk kesana. Kami menyebrangi sungai Kapuas dengan Motor Klotok (baca: perahu motor air untuk penyebrangan motor dan orang), melewati jalan kebun kelapa sawit berlumpur, jalan setapak yang licin, naik dan turun bukit yang tinggi. Untung saja saya cuman sebagai penumpang setia boncengan Motor Vixion Bapak Kepala Sekolah, sementara kawan saya yang senasib, bawa motor sendirian. Hari ini saya benar-benar mendapatkan tiga pengalaman baru, pertama naik motor perahu disungai, melihat puluhan babi jinak yang berkeliaran di perkarangan penduduk (suku Dayak), melintasi jalan sawit berlumpur licin. Pertualangan yang sungguh menantang dan tak bisa dilupakan

Sekolah penempatan tugas kami adalah salah satu sekolah satu atap di Sanggau. Sekolah satu atap berarti bangunan sekolah ini juga digunakan sebagai sekolah lainnya. Maksudnya SMP dan SD di bangunan yang sama. Ruangan nya pun cuman 4 ruang siswa dan 1 ruang dewan guru juga sekaligus ruang kepala sekolah. Namun walaupun sekolah ini sangat jauh, di desa paling terjauh dan terpencil di Kota Sanggau, bangunan sekolahnya sangat bagus, maklum karena baru dibangun 2 tahun lalu. Namun tanpa Mess Guru.

Karena ketidak-adaan tempat tinggal, Kepala Sekolah Pulang Pergi (PP) dari Kota Sanggau menuju ke Sekolah. Satu hal yang paling menyedihkan, disana tidak ada sinyal, kecuali di bukit yang tinggi  dan sumber tenaga listrik pun cuma dari genset. Hingga saat ini kami belum mempunyai tempat tinggal yang jelas disana karena mempertimbangkan satu dan lain hal. Setelah 1 jam-an berada disana dan berkenalan dengan guru disana kami pulang menempuh jalan lumpur licin yang sama. Di tengah perjalanan kami, kami diguyur hujan lebat dan tentu saja membuat kami kedinginan ditambah oleh-oleh lumpur yang lengket (hahaha) di sepatu baru saya.

Saya sadar akan menempuh hidup yang sangat berbeda selama setahun disini bersama seorang kawan senasib yang sudah saya anggap saudara sendiri, tapi saya sudah menguatkan tekad untuk tetap bertahan melewati tantangan ini. Saya yakin ini keputusan terbaik untuk hidup saya. Cerita ini saya dedikasikan untuk kawan-kawan yang senasib di daerah SM3T (yang dapat daerah enak-enak ke laut aje, hahahahah). Kawan-kawan SM3T Aceh 2012, tetap semangat!!!

PS:

Postingan ini saya buat di Kota Sanggau, beberapa malam sebelum berangkat ke daerah SM3T sesungguhnya, tanpa Telkomsel, Wifi, dan Facebook.

About safri4di

https://safri4di.wordpress.com

Posted on 17/10/2012, in SM3T Aceh and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: